Bidayah – 000.005

[BDYH-000.005]
Kenapa Ibnu Rusyd?

Akan wajar saja ada pro kontra terkait Ibnu Rusyd. Sebagaimana pro kontra terhadap yang lain. Saya kadang bilang Ibn Taimiyah berpikir liberal. Tapi bagi kalangan tertentu, Ibn Taimiyah adalah ulama paling keren.

Pun saya sendiri kadang jadikan Ibn Taimiyah juga sebagai Rujukan ketika perlu pemikiran liberal dalam hal tertentu. Imam Syafii juga saya jadikan rujukan. Shahih Bukhari Shahih Muslim juga. Shahih-shahih yang lain juga. Al Ghazali juga. Dan lain-lain.

Semua tulisan saya di ILBS, semua bahasan saya terkait Fikih Muamalah Kontemporer, malah bisa dibilang memiliki gaya tulis dan gaya nalar khas saya pribadi Ahmad Ifham.

Kalau saya dengan sengaja merujuk ke berbagai Imam, ujung-ujungnya pun tetap sama. Hanya proses nulisnya bisa puanjang untuk 1 tema.

Dan juga di bagian sebelumnya pun saya sebut yang intinya bahwa kitab ini hanya satu dari sekian samudera kitab klasik yang pernah ada.

Kenapa saya gak cari rujukan lain? | Kalau ada umur ya pake rujukan laen JUGA tentu. Namanya pesantren bisa puluhan kitab diajarkan paralel. Ini baru satu. Ya, satu.

Rujukan lain kadangkala ya kadangkala isinya kompilasi hadits saja. Isinya hadits hadits saja. Gak ada yang lain. | Bisa cermati semua shahih, seperti Bukhari, Muslim, dan lain-lain yang sejenis. Ya. Kompilasi saja. Kompilasi KEREN. Meski tetep buanyak juga rujukan yang tidak hanya kompilasi.

Pun jelas gak ada yang salah ketika memang kita belajar dari Ahli Fikih, Ahli Syariat, Hakim, seperti Ibnu Rusyd. Belajar dari yang lain ya perlu. Satu satu.

Saya pribadi baru membaca puluhan kitab klasik saja. Belum sampai ratusan deh kayaknya. Beranekaragam. Ada yang hanya kompilasi. Ada banyak yang melibatkan unsur logika penulisnya.

Ya. Satu satu.

Dan tentu akan wajar ada beda pendapat. Lha berbagai Imam aja jelas jelas terlalu jelas beda pendapat namun KEREN banget dalam hal saling menghargai pendapat logika logika antar-Imam.

Kita tiru lah.

Wallaahu a’lam

Leave a Reply

