Ilmu Yang Wajib

ILMU YANG WAJIB
Oleh: Ahmad Ifham Sholihin

Rasulullah pernah bilang bahwa thalabul ‘ilmi fariidhatun ‘alaa kulli muslimin wa muslimatin. | mencari dan memperoleh ilmu itu fardhu (wajib) bagi muslim (laki-laki) dan muslim (perempuan).

Kitab Ta’lim Muta’allim Thariq at Ta’allim menyebut bahwa setiap muslim tidak wajib mempelajari SEMUA ilmu. Yang wajib dipahami adalah ilmu al haal.

Afdhalu al ‘imi ‘ilmu al haal. Wa afdhalu al ‘amali hifzhu al haal. | Seutama-utamanya ilmu adalah ilmu haal. Dan seutama-seutama amal adalah menjaga al haal.

Al haal ini merupakan sikap, perilaku, kondisi, keadaan di mana kita tidak akan bisa memahami dan menjalankan suatu KEWAJIBAN tanpa ilmu tersebut.

Ketika kita wajib shalat maka ilmu apapun terkait rukun, syarat dan pemahaman pelaksanaan sholat maka ilmu ini menjadi wajib seperti ilmu thaharah atau bersuci.

Selanjutnya karena kita wajib puasa, zakat dan haji maka ilmu tentangnya dan apapun yang menyebabkannya bisa dilaksanakan dengan baik dan benar, maka ilmu ini menjadi wajib.

Zakat melibatkan maal atau harta sehingga ilmu tentang harta menjadi wajib. Ilmu tentang cara memperoleh dan membelanjakan harta menjasi wajib. Ilmu tentang jual beli dan tijaaah (perdagangan) menjadi wajib.

Masih menurut kitab Ta’lim Muta’allim, Ilmu Muamalat pun menjadi wajib. Kita pun dianjurkan zuhud dalam harta dalam arti mencegah dari harta yang haram, bahkan kita dianjurkan membebaskan diri dari perkara syubhat dan makruh dalam perniagaan.

Masih dalam kitab Ta’lim al Muta’allim, kita pun wajib memahami ilmu al haal tentang perilaku qalb (hati) terkait upaya tawakkal dan taubat dan takut kepada Allah dan ridha (ikhlas), karena sungguh semua ilmu akan melekat pada perilaku hati.

Demikian tentang ilmu yang wajib kita pahami dan semoga kita bisa benar benar memahami dan memahamkannya. | waLlaahu a’lamu bishshowaab

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s