Cek Isi, Skema, dan Risiko Akad

CEK ISI, SKEMA DAN RISIKO AKAD
Oleh: Ahmad Ifham Sholihin

[17:59, 1/9/2016] ILBS Jakarta 10: Assalamualaikm… realitaa yang saat inii ada di masyarakat..  teman sayaa.. mengajukan pembiayaaan kepada bank syariah dengan Alasan digunakan untuk modal usaha… bank syariah survei.. lalu disetujui…

Setelah disetujui dengan nominal yang disepakati.. bank syariah mendebet sejumlah uang kepada rek nasabah…

Dengan perjanjian 6 kali angsuran dan pengembaliannya berlebih…

Pinjm 5 jt pengembalian 5.5 jt jangka waktu 6 bulan.. apa kah memang seperti itu pak ?? Klo ini akadnya apa ya??

[19:46, 1/9/2016] Ahmad Ifham: Silahkan baca di akad. Akad apa yang dipergunakan?

[19:46, 1/9/2016] ILBS Jakarta 10: Saya belom terlalu jelas sh pak.. cuma dia ceritaa seperti ituu… yang jelas.. pembiayaan dngan alasan modal usaha.. bank mendebet sejumlah dana ke rek temen saya.. lalu pengembalian dengan tempo 6 bulan..

Lalu teman saya mengatakan.. wahh Bunga di bank syariah kecil

[19:48, 1/9/2016] Ahmad Ifham: ADA YANG GAGAL PAHAM. Biar yang bersangkutan baca lagi. Apa akadnya. Apa rencananya. Apa yang sudah disepakati. Apa skemanya. Apa risikonya. Biar gak jadi prasangka.

Saya tidak akan komentar jika HANYA menduga dan katanya katanya. Di akadnya pasti sudah ada jelas ketentuannya.

[19:53, 1/9/2016] ILBS Jakarta 10: Kalo seumpama inii bukan kasus yang rill. Jadi tidak ada prasangka pada siapapun dan hanya sebagai wacana.. apa yang seperti inii boleh pak??

[19:57, 1/9/2016] Ahmad Ifham: Kalau ini kasus riil, saran saya agar nasabah dan marketingnya cek kembali ke akad. Pake logika yang ada di akad. Cek skema akad. Cek isi akad. Cek risiko akad. Taati.

Case tersebut menunjukkan bahwa ada yang gagal. Nasabah gagal paham. Nasabah gagal paham ya jelas karena pihak koperasi syariah gagal memahamkan. Jika AKAD sudah dicek dan ada yang gak logis (sesuai Syariah) ya dikoreksi aja, dibenerin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s