Fatwa Haram Kerja di Bank Konven

FATWA HARAM KERJA DI BANK KONVEN
Oleh: Ahmad Ifham Sholihin

ILBS Jakarta 01

[23:52, 3/15/2016] ILBS: Ada postingan tentang fatwa haram kerja di Bank Konvensional?

[23:57, 3/15/2016] Ahmad Ifham: sampai saat ini saya tidak pernah menemukan Fatwa Haram Kerja di Bank Konvensional atau yang biasa saya sebut sebagai Bank Murni Riba.

Namun di buku ketiga saya, Pedoman Umum Lembaga Keuangan Syariah (Gramedia Pustaka Utama – 2010), kalau gak salah saya cantumkan Fatwa tentang Haramnya Bunga Bank. Fatwa MUI, saya lupa nomornya, tertanggal 16 Desember 2003. Masih inget tanggal karena itu seminggu sebelum saya kerja di KARIM Consulting.

Ketika Bunga Bank difatwakan haram, sebagai konsekuensi logisnya, maka otomatis KRITERIA kerja di Bank Murni Riba jadi ikut haram juga karena inti bisnis simpanan dan pinjaman di Bank Murni Riba hanya kenal basis Bunga. Dan bunga yang dipraktikkan di Bank Murni Riba adalah Riba yang di nash Alquran dengan lugas pelarangannya adalah HARAM.

Itu kriteria keharaman. Judgement akhir apakah anda kepepet gak punya penghasilan atau memang mau karena terposisi mampu ubah sistem Bank Murni Riba jadi Bank yang Logis, ya wallahu a’lam. Bisa jadi malah wajib kerja di Bank Murni Riba.

Tanyakan pada hati Anda. Hanya Anda dan Tuhan yang Maha Tahu.

Demikian. WaLlaahu a’lam

Leave a Reply

