Investasi Keuntungan Pasti

INVESTASI KEUNTUNGAN PASTI
Oleh: Ahmad Ifham Sholihin

PERTANYAAN dari member Grup ILBS006: “Assalamualaikum wr wb. Pak Ifham,, Mau nanya tentang investasi, jika kita berinvestasi dan besaran keuntungan itu diketahui di awal, misal dalam kondisi ekonomi yang baik, sedang dan buruk, sekian % dan porsi % sesuai besaran dana yang di investasikan. Itu termasuk syar’i bukan sih Pak? Apakah boleh kita menentukan % keuntungan di awal?”

JAWAB: Shalih(in/at) rahimakumuLlah..

Jika hal itu diterapkan RELA SAMA RELA, maka akan persis dengan yang juga diterapkan oleh Bank Murni Riba. Apalagi jika tidak ridha sama ridha, ya makin gak bener. Perhatikan logika partnership BISNIS berbasis BAGI HASIL, yakni menidakpastikan hal yang seharusnya belum pasti. Risiko bisnis adalah untung, rugi, gak untung gak rugi. Jika menentukan % keuntungan di awal, maka ini akan MAKSA UNTUNG. Siapa yang bisa memastikan takdir ke depan kecuali Tuhan? Tentu tidak ada.

How to Solve? | Silahkan PASTIKAN PERSEN NISBAH dari awal. Tentu harus rela sama rela. Persen Nisbah adalah pembagian porsi atas hasil. Persen ini yang boleh. Ini juga yang diterapkan Bank Syariah. Pembagian hasilnya nanti berapa duitnya ya tergantung besaran hasilnya NANTI berapa. Makanya klo ke Bank Syariah tuh di hall banking-nya ada papan nisbah. Itu adalah % pembagian hasil.

Selanjutnya, investasi harus siap rugi. Siapa yang menanggung rugi dalam investasi? | Kerugian akan ditanggung berdasarkan porsi dana. Misal jika kita investasi dalam bentuk tabungan ya klo Bank Syariah-nya rugi, kitalah yang menanggung, sebagai pemilik dana. Tentu dengan syarat pengusahanya (Bank Syariah) tidak lalai. NAMUN, Bank Syariah masih menggunakan Revenue Sharing, karena kita sendiri belum siap Profit/Loss Sharing.

Ini juga diterapkan dalam logika bisnis nonbank.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s