Kenapa Sih Ifham Suka Pake Logika?

KENAPA SIH IFHAM SUKA PAKE LOGIKA?
Oleh: Ahmad Ifham Sholihin

Tanya: kenapa sih Ifham suka pake LOGIKA? | Jawab: mana ada manusia tanpa ber-LOGIKA?

MushHaf Alquran aja disusun berdasarkan LOGIKA. Alquran diterjemahin pake bahasa Arab aja pake LOGIKA. Alquran ditafsirkan pake bahasa Arab aja pake LOGIKA. | Dan Alquran itu diterjemahkan dan ditafsirkan ke bahasa apapun ya pake LOGIKA.

Hadits pun begitu.

Nah.. perhatikan bahwa Alquran dan Hadits itu adalah NASH. Dalil NAQLI. Ya begitu itu bunyi Arab-nya. Gak bisa diubah ubah. | TERJEMAHAN & tafsiran-nyalah yang mau tidak mau pasti pake LOGIKA.

Emha Ainun Nadjib pernah bilang kalau Alquran itu terdiri dari 3,5% AYAT IBADAH MAHDHOH alias ritual seperti Syahadat, Sholat, Puasa, Zakat, Haji. Selebihnya alias 96,5% nya adalah AYAT AYAT MUAMALAH. Jangan bahas fikih lain dulu ya. Ini untuk memudahkan pemilahan.

Perhatikan hukum asal fikih ibadah yang ayatnya cuma 3,5% itu bahwa hukum asalahnya adalah HARAM atau DIAMLAH sampai ada perintahnya. JANGAN KREATIF.

Bahkan nih bahkan ketika kita masuk ranah FIKIH IBADAH yang HARUS ada dalilnya pun, MANA BISA kita menerjemahkan dan memaknai TANPA LOGIKA?

Apalagi fikih Muamalah yang jumlah ayat di Alquran-nya mencapai 96,5% itu yang hukum asalnya adalah BOLEH. BOLEH KREATIF. Dan kreatif itu urusan LOGIKA. Silahkan ber-LOGIKA.

LOGIKA KEBABLASAN?

Silahkan cek saja logika logika saya terutama dalam bahasan MUAMALAH apakah ada yang bertentangan dengan LOGIKA NASH? | Mari diskusi saja. Hehe

Kenapa saya bilangnya pake istilah LOGIKA NASH? | Ya karena SEMUA NASH itu saling terkait. Sempit hidup kita kalau hanya cuplik 1 dalil trus dimaknai sendiri trus diterapkan begitu saja tanpa lihat dalil lain dari sisi SISI SYARIAT maupun sisi HAKIKAT. Kalau asal cuplik saja bisa kacau dunia.

Itu PENJELASAN pertama. Berikutnya ini yang sebenarnya lebih esensial kenapa saya lebih suka bahas ini LOGIS itu GAK LOGIS.

GUE BUKAN TUHAN BRO

Hmm.. ini serius ya. Gue bukan Tuhan. Saya bukan Tuhan yang bisa seenaknya JUDGE ini BOLEH itu GAK BOLEH. Ini HALAL itu HARAM. | Meski kadangkala saya masih pake kata ini KRITERIA-nya HALAL, itu KRITERIA-nya HARAM.

Tetep saja saya takut sebenarnya untuk memberikan JUDGEMENT. Takut jadi qadhi atau Sang Pengadil bahwa kamu gak sesuai Syariah, kamu zhalim, kamu sesat, kamu itu gak sesuai Alquran Hadits, kamu itu perlu dikasih hidayah. Aduh aduh. Takut saya.

Ulama level dan kaliber apapun aja dipaksa Tuhan untuk baca Alfatihah sehari minimal 17 kali yang didalamnya ada ayat ihdinashshiraathal mustaqiim. Ulama aja masih dipaksa agar selalu MINTA HIDAYAH. Artinya ULAMA level apapun gak layak udah MERASA dapet hidayah. Apatah lagi saia. Dah saia mah apa atuh. Serpihan gorengan pasir di laut.

Nah..

Saya terus membiasakan diri bilang bahwa ini logis itu gak logis. Karena saya mau bilang bahwa ini yang bilang adalah HATI dan PERASAAN saya. SAYA TIDAK MEWAKILI TUHAN. Saya BUKAN TUHAN. | Gitu ya. Saya masih berusaha untuk tidak mengaku-ngaku jadi Sang Pengadil.

Semoga ini LOGIS.

By the way by the way baru ada 800-an tulisan LOGIKA Fikih Muamalah Kontemporer di:

http://www.AmanaSharia.com

WaLlaahu a’lamu bishshowaab

Leave a Reply

