Melogika Nash

MELOGIKA NASH
Oleh: Ahmad Ifham Sholihin

[17:21, 3/2/2016] WWI: Apa benar semua nash alqur’an bisa dilogikakan?

[17:40, 3/2/2016] ZKR: Dalil yg qathi dan akal yg sehat tidak mungkin berlawanan

[17:48, 3/2/2016] WWI: Iya.. Lalu jwbn prtanyaan sy?

[17:51, 3/2/2016] Ahmad Ifham: “Apa benar semua nash alqur’an bs dilogikakan?” << Bisakah menerjemahkan atau menafsirkan nash Alquran tanpa logika?

[17:53, 3/2/2016] WWI: Itu sdh ada dlm bacaan d atas. Tapiiii … Ya sdh lah

[18:37, 3/2/2016] Ahmad Ifham: ok

[19:19, 3/2/2016] AAAA: Akal (logika) hanyalah alat utk memahami kandungan haq pd Alquran. Jadi, itu dua hal yg tak boleh dipisahkn atau seakan-akan mau dibenturkan dgn adanya angka statistik berupa “persen (%)”.

[19:23, 3/2/2016] CCCC: Yg ptng tdak mengagungkan akal diatas segala2 nya

[19:23, 3/2/2016] WWI: Maaf mgkn pertanyaan sy perlu diperbaiki.. Apa semua nash alqur’an harus dilogikakan?

[19:24, 3/2/2016] AAAA: Logika dlm artian apa dulu?

[19:27, 3/2/2016] MUS: nyimak

[19:27, 3/2/2016] WWI: Kan bacaan di atas ttg logika.. Melogikanisasi???

[19:29, 3/2/2016] IN: Ustadz malah nyimak

[19:29, 3/2/2016] MUS: Perlu penjelasan detail sptnya

[19:31, 3/2/2016] DDDD: Ustadz nyimak juga yah

[05:53, 3/4/2016] MUS: Logika d dlm bhsa arab dkenal dgn istilah ro’yu, yg brarti pandangan/pendapat/akal.

Lalu benarkah boleh menggunakan ro’yu sepenuhnya (100%) di dalam agama ini?

[06:03, 3/4/2016] WWI: Nah… Ust. MUS, itu yg sy pertanyakan kmrn bgt mksd nya… Apa smua nash hrs di logika kan?

[06:05, 3/4/2016] MUS: Kyknya seru klo didiskusikan ya ustadz?

[06:05, 3/4/2016] Ahmad Ifham: “Semua nash harus dilogikakan” << Ini silahkan tanya sama yang bilang begini. Hehe

[06:06, 3/4/2016] MUS: Mbulet dong

[06:16, 3/4/2016] WWI: Hahaha

[06:17, 3/4/2016] WWI: Berkelindan di pernyataan itu sj bakalannya. Yo wis.. stop ae

[07:25, 3/4/2016] Ahmad Ifham: Nash Alquran itu tata kata dan susunan katanya ya begitu itu. Beda panjang pendek dikit, maknanya bisa sangat fatal. Satu kata dan /atau satu kalimat yang sama aja pemaknaannya bisa beda. Padahal yang memaknai ini juga sama sama oleh Ulama kredibel. Kepalanya udah beda.

Begitu juga dengan tata kalimat bahasa Indonesia. Susunan kata per kata diubah dikit ya jelas bisa beda makna dan beda maksud.

Ketidakcermatan membaca susunan kata, ketidakcermatan memahami susunan kalimat, ini bisa fatal dampaknya. Bisa gak cocok dengan yang dimaksud penulisnya.

Dan itulah manusia. Punya ilmu. Punya akal. Punya fikir. Bisa bertadabbur. LOGIKA.

[07:28, 3/4/2016] Ahmad Ifham: Dulu saya kecil diajari memaknai kata atau kalimat itu DIMULAI dari matan asli atau tata kalimat aslinya bagaimana sih, satu per satu, grammar dll, nah baru deh melogika.

[07:29, 3/4/2016] MUS: Bgitupun dgn Al Quran ya ustadz?

[07:29, 3/4/2016] Ahmad Ifham: Otomatis begitu. Tidak mungkin tidak.

[07:32, 3/4/2016] Ahmad Ifham: Klo memaknai Alquran memang lebih enak kalau tahu semua ayat dalam Alquran. Saling terkait. Baru deh krasa. Ini yang pernah saya bilang sebagai LOGIKA nash. Antar ayat tidak memungkinkan bertentangan. Kalau dianggap bertentangan, maka LOGIKA kita lah yang SALAH MUTLAK.

Tentu ada banyak ayat yang bisaa jadi dirasa akal, saling bertentangan. Di situlah JUGA merupakan optimalisasi fungsi LOGIKA.

[07:32, 3/4/2016] Ahmad Ifham: Belum lagi ilmu tafsir, sejarah tafsir, asbaab an nuzul, plus hadits, ulum al hadits plus tafsir hadits, dll.

[07:34, 3/4/2016] Ahmad Ifham: Idealnya mufassir itu hamil (hafal, paham, praktik ilmu Alquran) + hafizh (hafal, paham, praktik ilmu HADITS)

[07:35, 3/4/2016] Ahmad Ifham: Itu bukan saya ya. Sorry ya. Bukan saya. Itu hanya mengungkap sepemahaman logika saya terhadap cara MELOGIKA nash.

[07:37, 3/4/2016] MUS: Brarti kita kudu mempelajari bahasa sblm blajar yg lain ya ustadz

[07:38, 3/4/2016] Ahmad Ifham: Logika nya begitu. Ilmu alat. Nahwu shorof. Tapi Allah Maha Baik kok. Belajar ya belajar deh. Cari guru. irsyaadu ustaadzin (kata kitab ta’lim muta’allim). Saya juga jelas punya banyak guru. Minimal semua member ILBS.

[07:40, 3/4/2016] Ahmad Ifham: Nahwu shorof pun sejatinya tidak bakalan trus udah.

Tak heran jika pelajaran dulu itu ya semua diajarin dan paralel. Semua lini. Aqidah, akhlaq, syariah dan tentu ilmu alat runut. Itu paralel. Idealnya.

Klo gak bisa ideal ya mari berdamai dengan kenyataan. Ada kyai, ustadz, dll bisa jadi guru. Dan lain lain dan lain lain. Butuh thuul azzamaan, ishtibaar, dll. Belajar sampe mati. #duhkokserius

[07:42, 3/4/2016] WWI: Bgn bahagianya berteman dg ‘alim. Syukron jazilan. Nambah wawasan d hr yg barakah

[07:44, 3/4/2016] Ahmad Ifham: Di atas saya menulis “dan itulah manusia. Punya ilmu. Punya akal. Punya fikir. Bisa bertadabbur. LOGIKA.”

Itu semua cuma nerjemahin Alquran. Afalaa ya’lamuuna… afalaa ta’qiluuna. Afalaa tatadabbaruuna. Ada ra`yal ‘ayn. Ada ulul albaab. Dan lain lain. Itu baru ayat ayat urusan LOGIKA.

Belum lagi ayat ayat nafsu (jiwa).

[07:45, 3/4/2016] Ahmad Ifham: Itu tadi afalaa afalaa itu kan Tuhan sedang menagih akal, otak, logika, ilmu, dan tadabbur kita.

[07:46, 3/4/2016] Ahmad Ifham: Tentu banyak banget nanti ayat ayat hati.. ayat ayat nafsu (jiwa).

[07:46, 3/4/2016] Ahmad Ifham: Halah pagi pagi bahas apa ini ya. Hehe.. Alhamdulillah abis sarapan. Jadi rada rada normal otak saya nih. Hehe

[07:46, 3/4/2016] Ahmad Ifham: Silahkan dilanjuuut

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s