Rezeki Kita Dijamin

REZEKI KITA DIJAMIN
Oleh: Ahmad Ifham Sholihin

Oleh: Ahmad al Ifham

wa maa min daabbatin fil ardhi illaa ‘alaLlaahi rizquhaa | dan tiada diantara binatang melata (yang hidup) kecuali Allahlah yang menjamin rezeki-nya.

Entah ini teori rezeki kelas apa ya, Allah sih bilangnya gitu. Itu binatang udah dijamin rezeki-nya. Pun berlaku juga bagi kita manusia.

Manusia adalah hayawaanunnaatiq. Manusia adalah hewan berakal nan berpikir nan berlogika. Tugas kita ya taqwa. Lakukan perintah Tuhan dan jauhi larangan Tuhan. Titik. Gak usah nawar.

Nah.. Tentu rezeki ini ya harus rezeki yang halal nan thayyib. Ketika bicara halal haram, maka ini adalah urusan Syariat. KRITERIA halal itu terang benderang. Kriteria haram itu terang benderang, dan di antara keduanya ada syubhat atau meragukan atau yang biasa masuk kategori hukum makruh.

Itu kriteria ya. Sekali lagi, baru kriteria. Kalau udah dalam praktik sehari hari ya bisa saja menyesuaikan kondisi aja. Kriteria halal bisa jadi terjudge haram. Kriteria haram bisa jadi terjudge halal. Akan ada sebanyak case nyawa manusia. Cermati aja

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s