Suci Jiwa Suci Harta

SUCI JIWA SUCI HARTA
Oleh: Ahmad Ifham Sholihin

yaa ayyatuhaa an nafs al muthmainnah.. irji’ii ilaa rabbiki raadhiyatan mardhiyyah.. fadkhulii fii ‘ibaadii wadkhulii jannatii | wahai jiwa jiwa yang tenang.. kembalilah kamu kepada Rabb-mu dengan ridha sepenuh ridha.. maka masuklah dalam golongan hamba-Ku, dan masuklah ke surga-Ku.

Semua jiwa, semua hati, semua jasad, semua yang ghaib, yang lahir, yang batin, yang hidup, yang mati, yang semua-muanya ini berasal dari Sang Maha Cahaya. Dan semua adalah milik Sang Maha Cahaya.

Innaa liLlaahi wa innaa ilayhi raaji’uun. | Keberadaan dan ketidakberadaan kita adalah milik Allah dan hanya kepada Allah kita kembali.

Apapun yang kita lakukan di dunia ini hanyalah ikuti perintah-Nya, tunduk patuh kepada-Nya tanpa syarat tanpa bisa nawar. Dan not ro worry, Allah pun pernah bilang kan membimbing cahaya-Nya tuk melingkupi sesiapa yang Dia kehendaki.

Maukah kita bergelimang cahaya?

Mari tuthahhir al quluub. Mari nenyucikan hati. Mari juga tuthahhir wa tuzakkii al amwaal. Menyucikan dan membersihkan harta.

Menyucikan hati membuka pintu shadr, qalb, fuad dan bahkan segenap nafs dan bahkan semoga sentuh sucinya ruuh. | Menyucikan dan membersihkan harta tentu berawal dari shadaqah (zakat). Khudz min amwaalihim shadaqatan tuthahhiruhum wa tuzakkiihim (al aayah).

Dan dalam kesempurnaan ridha ilahi, upaya suci jiwa dan suci harta pun tak bisa dipisahkan satu sama lain. Harus seimbang dan terposisitengah. | Semoga upaya upaya kita secara kaaffah ini dimudahkan Allah. Aamiin.

Demikian. | waLlaahu a’lamu bishshowaab

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s