Tetep Aja Gak Penting Mana Dalilnya

TETEP AJA GAK PENTING MANA DALILNYA
Oleh: Ahmad Ifham Sholihin

[05:27, 12/8/2015] RMD: Tadz…plis dweh…akad mudarabah dsb tuh ada krn ada dasarnya…klw kita telen mentah2 sama aja kita jadi orang fasik.. πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ™

[05:27, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Dasarnya adalah karena tidak dilarang

[05:27, 12/8/2015] RMD: Ana nanya ini bukan utk mendebat…hanya ingin lebih faham aja.

[05:28, 12/8/2015] RMD: Lawsamahta tadz…

[05:28, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Betul. Saya menjawab juga menjawab dengan apa yang harus saya sampaikan menurut pemikiran saya.. 😊

[05:28, 12/8/2015] RMD: Sebenarnya akad mudarabah ada or dipake krn apa?

[05:29, 12/8/2015] RMD: Cuma hal2 itu aja

[05:29, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Nah sekarang pertanyaannya berbeda ya akan saya jawab berbeda

[05:29, 12/8/2015] RMD: Tadz…dari td udah ana tnyakan tuh..πŸ‘†πŸ˜Š

[05:30, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Akad mudarabah ada karena persekutuan usaha. Ada syirik. Ada syirkah. Bersekutu dalam bisnis.

[05:30, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Kalau tadi jawabnya nanya dalil kebolehan praktik mudharabah pasti saya akan terus jawab karena gak ada dalil larangannya.

[05:31, 12/8/2015] RMD: Jadi klw ga ada larangan… artinya ada yg membolehkan? | Atau semau gue gitu tadz?

[05:32, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Absolutely YESSS.. asal gak nabrak yang dilarang.

Dan kalau gak ada larangan ya kita boleh membolehkan. Ini fikih muamalah.

[05:32, 12/8/2015] Ahmad Ifham: antum a’lamu bi`umuuri dun-yaakum

[05:45, 12/8/2015] RMD: Klw ada materi munculnya or asal muasalnya…tahun berapa dsb ttg akad syariah mohon dishare tadz…

[05:53, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Kalau saya maaf gak ada dan gak sempet mengamati. Rekan lain jika ada yang punya boleh dishare. Makasih.

[05:55, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Setahu saya sejak Nabi Adam Nikah. Atau turun ke bumi dengan melakukam berbagai akad. Semua akad yang sedang kita lakukan ini adalah akad Syariah. Kalau gak ibadah pasti Muamalah. Misalnya akad syariah dalam hal memakai baju menutup aurat.

[05:58, 12/8/2015] RMD: Mungkin perlu disederhanakn tadz…lawsamahta klw ana nanyanya njlimet..😊

[05:59, 12/8/2015] RMD: Oh ya ada sesi perkenalan ya?

[06:01, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Sederhananya bahwa akad Syariah itu ada sejak manusia ada. 😊

[06:02, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Kalau pertanyaannya adalah tahun berapa akad syariah itu ada maka jawabannya adalah sejak manusia itu ada. Begitu sih 😊

[06:02, 12/8/2015] RMD: Klw akad perbankan syariah?

[06:05, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Tahun 1963. Mit Ghamir Bank di Mesir. Bank Syariah pertama. Malaysia pernah mencoba bikin Bank Syariah di tahun 1946 tapi gak sukses.

[06:06, 12/8/2015] RMD: Dasar mereka memunculkan akad perbankan dimaksud tadz…ada buku yg bisa jadi referensi?

[06:06, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Karena gak ada larangannya.

[06:06, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Maaf saya gak ada referensinya

[06:07, 12/8/2015] RMD: Waduh..ana kok sulit mencernanya ya..πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜Š

[06:07, 12/8/2015] RMD: Ya..ya….yaa…

[06:07, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Boleh tidak dicerna 😊

[06:08, 12/8/2015] RMD: Ditelen aja ya tadz..😊

[06:08, 12/8/2015] Ahmad Ifham:

Bolehlah pake laptop? | Boleh.

Mana dalil kebolehannya? | Gak penting.. sampai ada ayat ayat larangan pake laptop.

[06:08, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Logikanya persis.

[06:09, 12/8/2015] Ahmad Ifham: 😊

[06:09, 12/8/2015] RMD: Maaf..saya bankir konvensional…dan saya ada rencana resign dr pekerjaan krn memang ga sesuai dg yg disyariatkan.

[06:09, 12/8/2015] RMD: Ada rencana juga buka koperasi syariah

[06:09, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Nah.. kalau saya melarang larang Bank Murni Riba maka SAYA WAJIB pake DALIL. Karena melarang larang.

[06:10, 12/8/2015] RMD: Maju mundur krn ada pertentangan ttg akad yg akan digunakan

[06:10, 12/8/2015] Ahmad Ifham: πŸ˜„

[06:11, 12/8/2015] RMD: Saya ingin tahu detil ttg operasional bank syariah…apakah benar2 bisa dilaksanakan tanpa menyentuh riba sama sekali

[06:11, 12/8/2015] Ahmad Ifham: 😊

[06:13, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Kalau ada dua kondisi dan hanya ada dua kondisi pilihan dan ini nyata dan ini harus kita pilih SELAGI KITA BUTUH PAKE UANG: (1) 100% MURNI RIBA trus ada pilihan (2) BELUM MURNI Syariah. Kira kira pilih mana? 😊

[06:14, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Baru kita definisikan apa sih bersih dari Riba itu?

[07:17, 12/8/2015] RMD: Jujur opsi diatas saya ga milih tadz…masih ada ribanya

[07:17, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Berarti gak pake uang? | Toppppp πŸ‘πŸ˜Š

[07:19, 12/8/2015] RMD: Terus terang tadz…apakah kita sekarang sedang men”darurat”kan diri?

[07:20, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Terkait apa?

[07:20, 12/8/2015] RMD: Perbankan…baik yg konven dan syariah. Sesuai opsi antum diatasπŸ‘†

[08:22, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Ketika kita menggunakan uang maka sejatinya kita menjadi supporter utama pendanaan bank

[08:25, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Nah.. ketika kita masih butuh uang maka pilihannya adalah mendukung bank syariah atau bank murni riba atau diam. Dan diam itu ternyata kita tetep butuh uang. Uang itu pasti mengalirnya kalau gak ke bank murni riba ya ke bank syariah

[08:26, 12/8/2015] RMD: Dimana ustad bisa memastikan klw uang larinya ke bank2 dimaksud?

[08:26, 12/8/2015] Ahmad Ifham: Bisakah ada uang beredar tanpa melalui bank?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s