Unzhur Maa Qiil wa Laa Tanzhur Man Qaal

UNZHUR MAA QIIL WA LAA TANZHUR MAN QAAL
Oleh: Ahmad Ifham Sholihin

[09:12, 1/29/2016] Ahmad Ifham: Mari ikutin Fatwa DSN MUI yang tentu lebih kredibel, meskipun kebenaran itu milik Allah. Tapi akan lebih mudah ✊

[09:27, 1/29/2016] ENZ: Iyaaa juga sih mas, tpi khawatir aja klo ada orang yg lumayan d percaya orang bnyak malah nentuin hukum lebih pkek logika dengan dalil langsung quran hadits, itupun terkesan seadanya. Padahal senior2 pesantren yg ilmunya dh bagai kolam blom berani buat nentuin hukum kecuali ada landasan semisal dr pandangan ulama salaf atw “ilhaq”

Maaf mas, klo curhat d grup. Cz ushikum wa iyyaya aja, ma tmen yg laen juga klo hukum bkan hal yg simple.

Demikian. | waLlahu a’lam

[09:32, 1/29/2016] Ahmad Ifham: Klo tulisan ILBS rujukannya jelas sesuai Fatwa DSN MUI. Udah ada yang ulama kredibel yang bikinin rujukan hukum kok ya.

DSN MUI berhukum juga PASTI pake akal dan logika terhadap nash itu sendiri. Jika tidak menggunakan akal atau logika, maka TIDAK AKAN MUNCUL yang namanya Fatwa dan/atau tafsiran lain sejenis.

Bisakah hukum manusia muncul tanpa AKAL atau LOGIKA? | Jelas tidak bisa.

[09:38, 1/29/2016] Ahmad Ifham: Yang jelas saya iman-i gak pake akal dan logika manusia adalah NASH Alquran. | Ketika Alquran diterjemahkan, maka ini sudah melibatkan AKAL atau LOGIKA. Apalagi jika di-TAFSIR-kan oleh SIAPAPUN manusia ya pasti melibatkan AKAL atau LOGIKA.

[09:39, 1/29/2016] ENZ: He, oke lah mas…. Good luck ajaaa

[09:42, 1/29/2016] DNL: Mungkin mksud saudara enzo, Tidak semua orang bisa menggunakan akalnya untuk merumuskan sebuah hukum.. bisa dibayangkan jika anak SD yg hanya sedikit belajar agama langsung menggunakan akalnya dalam merumuskan hukum… bisa-bisa menjadi Gafatar jilid II.. afwan

[09:42, 1/29/2016] Ahmad Ifham: Oleh karena itu juga ketika ada bahasan Ekonomi, Bisnis dan Keuangan Syariah, maka saya akan tetap berusaha berdasarkan Fatwa DSN MUI. | Bagi saya, akal dan logika DSN MUI itu lebih kredibel dibandingkan akal dan logika saya.

[09:43, 1/29/2016] DNL: Mantap mas ifham

[09:43, 1/29/2016] Ahmad Ifham: Biar gak galau. Ahli fikih bertaburan. Saya milih merujuk ke Ulama Dewan saja..

[09:45, 1/29/2016] PTR: Biar gak galau. Ahli fikih bertaburan. Saya milih merujuk ke Ulama Dewan saja.. -> setuju pak

[09:46, 1/29/2016] ENZ: Klo qta yg berbasis pesantren kolot lebih merujuk ke kitab turats, atw “dengan sangat terpaksa” k kitab ulama kontemporer. Alhamdulillah

[09:51, 1/29/2016] Ahmad Ifham: DSN MUI pasti merujuk ke kitab turats.. berbasis pesantren kolot juga. Sebelum periode sekarang, SEMUA Fatwa DSN MUI ditandatangani oleh almaghfur lah KH. MA Sahal Mahfuzh. | Jadi saya merasa enak aja ngikutinnya.

[09:53, 1/29/2016] ENZ: Oke oke aja mas, tpi satu hal yg ga ad d fatwa DSN “pembahasan tak pernah selengkap dan sedetail kitab turats” | Demikian | waLlahu a’lam

[09:54, 1/29/2016] Ahmad Ifham: Di Fatwa DSN MUI tidak perlu sedetail kitab turats karena SUDAH BERDASARKAN kitab turats.

[09:56, 1/29/2016] Ahmad Ifham: Mungkin pembaca Fatwa gak kebayang bahwa poses penyusunan Fatwa sudah panjang lebar ribet dan ribut berdasarkan kitab turats. Yang muncul ke publik yang simpel saja. Pusing ntar kalau dibikin rinci. Karena untuk konsumsi publik yang awam.

[09:57, 1/29/2016] ENZ: Di kalangan kami, orang2 kolot yg “gamau pkek logika” dlam berhukum. Fatwa DSN msih sering kurang diterima. He

[09:57, 1/29/2016] ENZ: Qta tau kog prosesnya, udah setiap hari qta bahas kyak gtuan

[09:58, 1/29/2016] ENZ: Maaf mas, slow aja yaaah….

[10:01, 1/29/2016] ENZ: Mungkin diskusinya sedemikian aja mas, ga bakal ada selesainya kog. Cz sekarang mah jamannya “yanzhuru man qaal wa laa yanzhuru maa qiil”

[10:02, 1/29/2016] Ahmad Ifham: Ya wajar saja jika ada yang mengganjal karena kita manusia, sehingga SETIAP HUKUM itu PASTI melibatkan AKAL dan LOGIKA.

[10:02, 1/29/2016] Ahmad Ifham: Manusia berhukum tanpa AKAL atau LOGIKA, maka HUKUM itu OTOMATIS TIDAK AKAN jadi ADA.

[10:08, 1/29/2016] ENZ: Pon mas cekap sa ngeten mawon, boten usah d lanjutake…. He

[10:08, 1/29/2016] Ahmad Ifham: Dalam konteks tertentu, saya termasuk berusaha ikut rumus tersebut bahwa unzhur maa qaal wa laa tanzhur man qaal. Di SATU sisi, saya gak peduli siapa yang bilang, karena lebih peduli apa yang dibilang.

Itu JUGA sebabnya di tulisan PERTAMA pembahasan Bank Syariah, saya bikin judul BELAJAR BANK SYARIAH DARI JIL.

Fatwa DSN MUI belum tentu benar, tapi bagi saya lebih kredibel. Apa yang dikatakan JIL belum tentu salah, dan tapi bisa jadi benar.

Tolok ukur kebenaran ya Alquran dan Hadits shahih. Namun, ketika ilmu kita gak sampe pada tataran menafsirkan Alquran dan Hadits secara akurat maka cukuplah mengikut Fatwa Ulama yang juga tentu bersumber dari Alquran dan Hadits.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s